Konfigurasi PPTP VPN Server pada Mikrotik



Konfigurasi PPTP VPN Server pada Mikrotik

Virtual Private Network (VPN)
VPN atau virtual private network adalah sebuah jalur komunikasi khusus yang dibagun menggunakan enkripsi data untuk menghubungkan 2 buah site secara aman pada jaringan internet.

Point to Point Tunnel Protokol (PPTP)
PPTP atau point to point private network merupakan salah satu service yang dapat digunakan untuk membangun jaringan vpn. Service ini dibagun berdasarkan metode client server dengan memanfaatkan protokol tcp port 1723 dan gre (generic routing encapsulation) id 47. 
Pada mikrotik routerOS service pptp vpn ini sudah tersedia pada package PPP. Bahkan service ini dapat dijalankan sebagai server ataupun client pada mesin yang sama.

Topologi 


Pada contoh kasus di atas, diasumsikan laptop sebagai remote client untuk mengakses jaringan LAN kantor pada lokasi yang berbeda. Untuk itu service pptp server pada router mikrotik yang terhubung ke internet harus di aktifkan.

Konfigurasi PPTP VPN Server di Mikrotik 

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan pptp vpn pada mikrotik.


Setelah mengaktifkan service pptp server, selanjutnya buat user pptp server untuk client.


Pada contoh di atas saya membuat sebuah user dengan nama noc. Untuk service nya kita pilih "any" saja, artinya user tersebut bisa kita gunakan untuk service vpn lainnya, seperti pptp, l2tpataupun openvpn. Untuk local address isikan ip yang akan digunakan di router ketika client melakukan dial, sedangkan remote address adalah ip yang akan diberikan ke client.

Kofigurasi PPTP VPN Client di  Windows

Untuk membuat pptp client pada windows, masuk ke control panel -> Network and Internet ->Network and Sharing Center.






Setelah interface pptp terbuat selanjutnya aktifkan, nantinya akan di minta username dan password untuk pptp. Kemudian masukan user dan password yang di buat sebelumnya pada router. Berikut ini tampilan jika vpn sudah terkoneksi.



Sekarang anda sudah bisa meremote jaringan lan kantor pada lokasi yang berbeda. 

                                   

                                   

Sekarang pada sisi router terlihat sebuah interface pptp yang sedang connected.


Demikian tutorial mikrotik indonesia kali ini mengenai konfigurasi pptp vpn server di mikrotik. 
Semoga bermanfaat bro salam hangat

Share this

Related Posts